Mengenal PHP


PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa berbentuk script yang ditempatkan di server dan dapat dipanggil oleh user yang terhubung ke server tersebut.
PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang berjalan dalam sebuah web server dan berfungsi sebagai pengolahan data pada sebuah server. PHP merupakan salah satu program yang dapat dijalankan di server dan cukup handal. Dengan menggunakan program PHP, sebuah website akan lebih interaktif dan dinamis. Data yang dikirim oleh pengunjung website/ komputer client akan diolah dan disimpan pada database web server dan dapat ditampilkan kembali apabila diakses. Untuk menjalankan kode-kode program PHP ini, file harus diupload ke dalam server. Upload adalah proses mentransfer data atau file dari komputer client ke dalam web server. Sedangkan download adalah proses mentransfer atau memindahkan data dari web server ke komputer client. ( Madcoms. ( 2009 ). “Aplikasi Program PHP+MySQL untuk Membuat Website Interaktif”. Yogyakarta : CV. Andi Offset ).
Script PHP berada dalam tag-tag bahasa HTML, sehingga didalam tubuh script PHP akan selalu diawali dan diakhiri dengan tag <HTML>. Yang menandakan bahwa tag tersebut  merupakan script PHP adalah dengan adanya tag awal <? dan tag akhir ?> atau tag awal <?php tag akhir ?> atau <script language=”php”> dan tag akhir </script>. Dan script php disimpan dengan format .php
Berikut ini adalah struktur script dalam PHP :
<html>
<head>
  <title>judul program<title>
</head>
<body>
 <?
   Script PHP
 ?>
</body
</html>

Keunggulan PHP
a.    PHP memiliki tingkat akses yang paling cepat.
b.    PHP memiliki tingkat lifecycle yang tepat sehingga selalu mengikuti perkembangan teknologi internet.
c.    PHP memiliki tingkat keamanan yang tinggi.
d.   PHP mampu berjalan di beberapa server yang ada, misalnya Apache
e.    PHP mampu berjalan di Linux sebagai platform sistem operasi utama bagi PHP, namun juga dapat berjalan di Windows dan yang lainnya.
f.     PHP juga mendukung akses ke beberapa database yang sudah ada, baik yang bersifat free/ gratis ataupun komersial. Database itu antara lain MySQL, dan Microsoft SQL Server.
g.    PHP bersifat free atau gratis. 
( Madcoms. ( 2009 ). “Aplikasi Program PHP+MySQL untuk Membuat Website Interaktif”. Yogyakarta : CV. Andi Offset ).


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mengenal PHP"
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...