Tutorial Cisco Packet Tracer (Desain Jaringan DHCP Server)

Tutorial Cisco Packet Tracer (Desain Jaringan DHCP Server)

DHCP Server


DCHP adalah kepanjangan dari Dynamic Host Configurations Protocol. DHCP adalah protocol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan local yang tidak menggunakan DCHP harus memberikan alamat IP kepada semua computer secara manual. Jika DCHP dipasang di jaringan local, maka semua computer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dan server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.


Cara Kerja DHCP

  1. DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa system operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 200 Server, Windows 2003 Server atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.
  2. DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar system operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 200 Profesional, Windows XP, Windows Vista atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.
Untuk lebih memahami konsep DHCP pada sebuah jaringan komputer, pada posting kali ini membahas tentang bagaimana membuat jaringan DHCP Server dengan menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Tutorial tentang Mendesain Jaringan DHCP Server kali ini dalam bentuk video dan adapula materi dari DHCP Server dalam bentuk File. bagi kawan-kawan yang ingin mendapatkan tutorial tersebut dapat didownload melalui link di bawah ini:

Video Tutorial Cisco Packet Tracer (Desain Jaringan DHCP Server)

Membuat Desain Jaringan DHCP Server


File Materi Tutorial Cisco Packet Tracer (Desain Jaringan DHCP Server)



Semoga Bermanfaat
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tutorial Cisco Packet Tracer (Desain Jaringan DHCP Server)"
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...