Penyebab Hardisk Bad Sector dan Cara Mengatasinya




Penyebab Hardisk Bad Sector dan Cara Mengatasinya
Bad Sector adalah kondisi dimana suatu sektor dalam harddisk atau removable disk terjadi kerusakan sehingga tidak bisa untuk penyimpanan data. Komputer atau laptop tidak akan berfungsi secara total jika harddisk bad sector yang parah tidak berfungsi normal. Operasi sistem akan gagal beroperasi, data-data penting akan hilang, otomatis semua kegiatan multimedia anda terhenti. 

Sebenarnya Penyebab kerusakan harddisk dapat dihindari jika anda tahu langkah preventif-nya. Perlu anda ketahui apa saja penyebab kerusakan sector hard disk tersebut yaitu: 

10 Penyebab Hardisk Bad Sector


  1. Mematikan komputer tidak secara normal melalui tombol Shut down, keteledoran pengguna pemula sering mematikan komputer langsung mencabut kabel power atau tombol power on-off. Sering melakukan ini dapat menyebabkan kerusakan yang parah
  2. Seringnya komputer mati tiba-tiba saat beroperasi, untuk daerah-daerah tertentu kejadian listrik padam masih sering terjadi. Jangankan luar Jawa di Jawa sendiri tepatnya di Cileungsi, Bogor seminggu bisa 5- 6 kali mati lampu.
  3. Mematikan komputer tidak secara normal melalui tombol Shut down, keteledoran pengguna pemula sering mematikan komputer langsung mencabut kabel power atau tombol power on-off. Sering melakukan ini dapat menyebabkan kerusakan yang parah
  4. Tegangan yang overload, Penggunaan tegangan yang normal dari power supply yang baik turut serta memperpanjang usia agar terhindar dari harddisk bad sector
  5. Bencana alam, saat terjadi bencana alam komputer tertimpa benda keras, besar kemungkinan harddisk yang lemah akan rusak.
  6. Terjatuh atau goncangan, saat anda melepas harddisk keluar dari casing CPU pastikan anda tidak menaruh dan meletakkannya secara sembarangan. Jangan sampai harddisk terjatuh atau terguncang keras.
  7. Human error, kelalaian manusia masih sering saja terjadi.Medan elektromagnetik, Hindari area bermedan magnet tinggi seperti Speaker aktif, Ponsel, Magnet , dan lain sebagainya. Induksi kuat dari magnet penyebab hilangnya data anda secara permanen.
  8. Suhu yang terlalu panas. Hard disk dengan suhu yang terlalu tinggi akan sulit melakukan proses pembacaan data. Suhu yang tinggi tersebut bisa disebabkan oleh sirkulasi udara dalam cpu tidak lancar, penggunaan computer yang terlalu lama, atau kipas power supply tidak bekerja.
  9. Komputer gak pernah dipake, suhu dalam komputer lembab. Ini akan menimbulkan jamur pada piringan hardisk. Banyak kasus komputer lama gak dipake pas dihidupin hardisk gak detek. Ini ya karena jamuran tsb hardisknya.
  10. Tidak pernah dilakukan Harddisk Partition, tumpukkan file-file lama dan baru sering tidak teratur, ibaratnya rumah semua perabotan berantakan tidak pada mestinya, begitu juga kinerja harddisk akan menurun, proses loading berat.
  11. Banyaknya virus yang menyerang, kerusakan penyebab dari virus tidak hanya merusak data saja, bila dibiarkan virus-virus tersebut dapat merusak sistem operasi akibatnya komputer sering hang dan restart
  12. Fisik harddisk yang sudah tua perlu diganti, harddisk yang sudah melewati 5 tahun dengan pemakaian tinggi sudah terbilang udzur dan perlu peremajaan, Seringnya harddisk tua bermasalah pada sectornya. 
Cara Memeriksa Hardisk Bad Sector
Dengan artikel ini semoga sobat  bisa berhati hati dalam menjaga hard disknya supaya hal yang tidak diinginkan seperti bad sector tidak terjadi. Sangat sayang bukan kalau kita kehilangan file penting kita. Tetapi meskipun hardisk kita sudah ada yang bad sector tapi belum terlalu parah itu masih bisa diatasi/perbaiki, 

Semoga Artikel ini Bermanfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Penyebab Hardisk Bad Sector dan Cara Mengatasinya"

Trims gan infonya dah membantu sy, sukses slalu. ditunggu kunjungan baliknya...

Video Bar

Loading...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...