Sejarah Bahasa Pemrograman

Sejarah Bahasa Pemrograman
Sejarah Bahasa Pemrograman
Menyambung dengan postingan tentang Pengertian Bahasa Pemrograman, kita akan bahas tentang sejarahnya, langsung saja ke materinya;
Berdasarkan catatan sejarah, bahasa komputer mulai dikenal dan dikembangkan orang sejak penemuan komputer digital, yaitu sekitar tahun 1940-an. Pada akhir 1950-an bahasa komputer yang termasuk assembly language mulai dikembangkan seiring dengan munculnya komputer-komputer untuk keperluan komersil.

Salah satu bahasa komputer yang termasuk bahasa komputer pertama adalah Fortran (singkatan dari formula translation). Bahasa komputer ini dibuat oleh John Backus sekitar awal 1950-an hingga awal 1960-an.

Setelah itu, beberapa bahasa komputer lain dengan berbagai penyempurnaan mulai banyak dikembangkan, misalnya COBOL (Common Business Oriented Language) yang dibuat oleh Grace Hopper, LISP (singkatan dari List Processing) yang dibuat oleh John McCarthy.

Di akhir 1960-an, muncul bahasa komputer yang dikenal dengan SIMULA dan selama kurun waktu 1970-an perkembangan bahasa komputer semakin pesat. Pada saat itu beberapa bahasa komputer yang terkenal antara lain ALGOL, BASIC, PASCAL, C, dan Ada.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa komputer juga turut mengalami perkembangan dengan pesat, sehingga bahasa komputer yang ada sekarang ini, seperti JAVA, C++, Visual Basic, Delphi, SQL dan bahasa-bahasa komputer lainnya dapat digunakan dengan mudah oleh programer.

Bahasa pemrograman menggunakan bahasa atau kata-kata unik yang menjadi kode untuk menjalankan perintah tertentu pada komputer.

Contoh bahasa pemrograman antara lain adalah Turbo Pascal, Fortran, Clipper, dBase, Delphi, Visual Basic, Cobol, Turbo C++, dan lain-lain. Bahasa pemrograman memuat serangkaian perintah yang membentuk software tertentu.

Pada dasarnya, CPU komputer mempunyai sejumlah perintah terbatas yang dikenal dengan kode mesin (machine code). Kode mesin inilah yang berperan sebagai bahasa untuk mengkomunikasikan data komputer. Dalam hal ini, CPU hanya dapat memahami bahasa mesin tersebut dan tidak dengan bahasa lainnya.

Oleh karena itu, untuk dapat digunakan merancang sebuah program komputer yang dapat dioleh oleh CPU, semua bahasa pemrograman pada prinsipnya harus diubah menjadi kode-kode mesin terlebih dahulu.

Semoga Bermanfaat..!
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sejarah Bahasa Pemrograman"

Video Bar

Loading...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...