Pengertian Bahasa Pemrograman

Pengertian Bahasa Pemrograman-
Bahasa Pemrograman


Pernahkah anda bertanya tentang bahasa yang digunakan dalam komputer?? mungkin anda semua pernah mendengar, membaca atau bahkan pernah menulisnya, atau bahkan sama sekali belum terfikirkan. bagi sobat Bloger Teknik Komputer dan Jaringan Dos-q 28, hal itu harus kalian ketahui dan pahami. agar kalian lebih memahami kerja, kinerja komputer bahkan membuat aplikasi komputer itu sendiri. Langsung saja, simak pembahasan tentang Bahasa Pemrograman dibawah ini.

Bahasa komputer atau yang lebih dikenal dengan nama bahasa pemrograman(programming language) merupakan software yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram atau memerintah komputer.

Sumber dari Wikipedia
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Bahasa Pemrograman dibagi menjadi Empat Level Bahasa yaitu:
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa tingkat rendah (low level language), Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa tingkat menengah (Middle level language), Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa tingkat tinggi (high level language),  Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Untuk Materi Lebih lengkapnya tentang Bahasa Pemrograman yang dikemas dalam File Power Point, silahkan Download Melalui Link di bawah ini




Semoga Bermanfaat..!
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Bahasa Pemrograman"

Video Bar

Loading...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...